Pengertian Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam
perekonomian yang membantu dalammenciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi
itu sendiri menentukan harga barang dan jasa.Faktor penting dalam
menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dankonsumsi.
Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini.
Definisi yangdiberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli
yang lain. Perbedaan inidisebabkan karena adanya perbedaan para ahli
tersebut dalam memandang dan meninjaupemasaran. Dalam kegiatan pemasaran
ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral.Pertukaran merupakan
kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkansejumlah barang
atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok socialuntuk
memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan
untukmemuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.
Definisi yangpalingsesuai dengan tujuan tersebut adalah : Pemasaran
adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai
kepada pihak lain (Kotler, 1997). Definisi pemasaran ini bersandar
pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs),keinginan (wants), dan
permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya
terlebih dahulu, sebelum iamemenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan
tersebut dapat dilakukan dengan caramengadakan suatu hubungan. Dengan
demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usahauntuk memuaskan
kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
Pengertian Manajemen Pemasaran Penanganan proses pertukaran
memerlukan waktu dan keahlian yang banyak.Manajemen pemasaran akan
terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak daripertukaran potensial
memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lainsesuai dengan
yang diinginkannya. Dengan demikian, manajemen pemasaran dapatdiartikan
: Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan,
barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan
tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
Sumber : http://www.slideshare.net/LaeasekDielgmc/pengertian-pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar