Rabu, 07 November 2012

PEMASARAN

Pengertian Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalammenciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa.Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dankonsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yangdiberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan inidisebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjaupemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral.Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkansejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok socialuntuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untukmemuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yangpalingsesuai dengan tujuan tersebut adalah : Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997). Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs),keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum iamemenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan caramengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usahauntuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996). Pengertian Manajemen Pemasaran Penanganan proses pertukaran memerlukan waktu dan keahlian yang banyak.Manajemen pemasaran akan terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak daripertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lainsesuai dengan yang diinginkannya. Dengan demikian, manajemen pemasaran dapatdiartikan : Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997). 

Sumber : http://www.slideshare.net/LaeasekDielgmc/pengertian-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar